DAIHATSU GREAT NEW XENIA DP 16 JT-AN


Terhitung sudah dua kali Xenia melewati perubahan paras wajah. Pada generasi terbarunya ini, wajahnya berubah total dengan bagian grille lebih besar, bumper baru, dan desain lampu juga baru. Pada varian tertinggi, grille sudah dilapisi chrome dan pada tailgate juga terdapat garnish chrome dan reflektor lampu. Frame jendela samping juga menggunakan lapisan chrome agar meningkatkan kesan mewah.


Ubahan terakhirnya merupakan modernisasi desain sekaligus fungsi aerodinamika. Perhatikan saja pahatan dan garis-garis yang lebih jelas dibandingkan pendahulunya. Modernisasi itu tak lantas menjadikan penampilan Xenia menjadi lebih menarik, paling tidak bagi sejumlah orang. Namun, yang pasti, desainnya lebih segar ketimbang pendahulunya.

Selain desain, dimensi juga direvisi menjadi lebih besar. Ukurannya adalah 4.190 mm untuk panjangnya, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sementara ground clearance nya 200 mm, angka yang cukup untuk melibas segala jenis jalan di Indonesia. Jarak sumbu roda Xenia baru juga diperpanjang menjadi 2.655 mm.



Mesin & Konsumsi BBM
Yang membedakan antara Xenia dengan Avanza salah satunya adalah bagian mesin. Xenia masih menyediakan mesin lama 3-silinder 1.0 liter pada varian tipe rendahnya. Sementara mesin baru Toyota 1NR-VE 4-silinder, 1.3 liter Dual VVT-i merupakan pilihan utama dari dapur pacu Xenia. Tenaganya mencapai 97 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 121 Nm pada 4.200 rpm. Sementara mesin 1.0 liter nya berdaya 63 PS pada 5.600 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.600 rpm.

Padankan mesin 1.3 liter baru itu dengan opsi transmisi manual atau otomatis. Hasilnya adalah performa dan efisiensi yang memang lebih baik berkat teknologi Dual VVT-i. Klaim konsumsi nya adalah 13,2 km/liter untuk jalanan standar.

Transmisi otomatisnya masih 4-speed seperti, namun jelas kinerjanya jauh lebih baik ketimbang pendahulunya. Perpindahannya gear lebih halus dan responsif, tidak terasa transmisi otomatis asal tempel belaka.

Pengereman
Great new Xenia dilengkapi dengan banyak fitur baru. Selain dari sistem hiburan yang lebih lengkap, Xenia juga diperkuat fitur keselamatan dan keamanannya. Kini, Daihatsu sudah membekali dua kantung udara di depan sebagai standar keselamatan. Selain itu, terssedia juga keyless entry, immobilizer, sensor pada ujung sudut depan kiri dan kanan, dan sensor parkir mundur. Sabuk keselamatan juga sudah menggunakan tiga titik sebagai standar di semua bangku Xenia. Sayangnya, baik Xenia maupun Avanza, belum menyediakan teknologi pengereman ABS dan EBD. Padahal dengan hadirnya teknologi itu menjadikan nilai Xenia lebih baik dan kompetitif.

Previous Post
Next Post
Related Posts